Sangatta – Senin 16 Desember 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Timur mendatangi sejumlah sekolah menengah untuk melaksanakan Sosialisasi Pilkada 2020, yakni di SMKN 01 Sangatta Utara dan SMK Muhammadiyah Sangatta Utara.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, guru dan siswa maupun siswi kurang lebih sebanyak 60 orang pada masing-masing sekolah. Dalam kesempatan itu siswa-siswi yang hadir cukup antusias mengikuti jalannya sosialisasi.

“Saat ini para pemilih pemula menjadi target utama sosialisasi KPU Kabupaten Kutai Timur. Karena pemilih pemula merupakan obyek demokrasi yang sangat penting dengan persentase pemilih kurang lebih 10 hingga 20 persen terhadap jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)” Ucap Handoko

Sebagaimana diketahui 9 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur termasuk Kabupaten Kutai Timur akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Saat ini KPU Kabupaten Kutai Timur gencar menggelar Sosialisasi Pilkada 2020 ke sekolah-sekolah. “Kami berharap jangan sampai para pemilih pemula itu tidak tahu cara menggunakan hak pilihnya di Pilkada Kutai Timur Tahun 2020,” pungkasnya

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut sebagai narasumber yakni, Handoko, AMD (Anggota KPU Kabupaten Kutai Timur Divisi SDM dan Parmas) dan Muhammad Indra (Anggota KPU Kabupaten Kutai Timur Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu) menyampaikan materi terkait Pemilih Pemula, Pendidikan Pemilih, Syarat Pemilih, Tahapan Pilkada 2020 dan Cara Menggunakan Hak Pilih.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Handoko berharap para pemilih pemula yang menjadi peserta nantinya bisa aktif terlibat dalam Pilkada Kutai Timur Tahun 2020, baik sebagai penyelenggara ataupun sebagai agen demokrasi.